Cara Pasang Sertifikat SSL Let’s Encrypt Pada aaPanel

Posted on

apasih.my.id – Gimana kabar guys? lanjut lagi yuk seputar control aaPanel. Nah buat kamu yang masih awam atau pemula di VPS, bisa nih cobain panel yang satu ini. aaPanel ini recomend banget, selain ringan, kinerjanya juga cukup tinggi loh.

Pada artikel kali ini mimin apasih akan memberikan tutorial untuk kamu yang baru migrasikan web dan akan memasang SSL pada domain kamu. Tentunya pada aaPanel kamu bisa mendapatkan SSL gratis loh yaitu dengan menggunakan SSL Let’s Encrypt.

Cara pasang sertifikat SSL Let’s Encrypt pada aaPanel ini tergolong cukup mudah juga, untuk mengintegrasikan dan menginstal SSL, tentunya diperlukan domain ataupun sub domain yang akan kamu install SSLnya tentunya kamu juga sebelumnya harus mengarahkan domain tersebut ke IP server untuk penginstalan.

Ketika semuanya telah siap, selanjutnya kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

Pertama, masuk ke aaPanel dan memilih seperti pada gambar yang ditunjukkan di bawah ini.

Setelah itu kamu dapat memilih Situs web, lalu sistem akan mencantumkan semua situs web yang telah kamu tambahkan sebelumnya. Jika kamu ingin menginstal SSL untuk web, klik CONF (konfigurasi).

Kemudian kamu dapat memilih SSL > Let’s Encrypt dan centang Select All untuk menginstal SSL.

Pada proses seperti gambar dibawah ini, semuanya akan terjadi secara otomatis dan kamu tidak perlu melakukan apa pun.

Setelah tampil seperti gambar di bawah ini, SSL situs web telah berhasil diinstal. Selanjutnya klik force HTTPS untuk mengalihkan https secara otomatis saat kamu mengakses situs web.

Dan sekarang kamu dapat mengunjungi situs web kamu, pada gambar dibawah ini tentunya kamu akan melihat lambang gembok pada browser. Itu tandanya kamu telah berhasil pasang sertifikat SSL Let’s Encrypt pada domain/web kamu.

Kesimpulan:

aaPanel itu merupakan salah satu control panel gratis yang recomend banget. Salah satu fiturnya yaitu pasang sertifikat SSL yang cukup mudah, seorang pemula sekalipun yang baru mengenal panel ini tentunya pasti bisa untuk melakukannya.

Selain itu guys! aaPanel akan selalu memperbaharui SSL Let’s Encrypt tersebut secara otomatis melalui cron job pada sistem. Jadi kamu juga gak perlu khawatir akan mengalami expired SSL pada domain kamu.

Oh ya, selain itu juga bisa kamu menambahkan SSL Wildcard (*) loh secara gratis untuk kebutuhan multisite pada WordPress. Lumayan kan dari pada beli SSL Wildcard yang harganya lumayan mahal.

Baca juga: Cara Menginstal WordPress Menggunakan Oneclick Deployment pada aapanel

Nah itu dia sekilas tutorial cara pasang sertifikat SSL Let’s Encrypt pada aaPanel semoga kamu juga berhasil menerapkannya ya, jika kamu mengalami masalah selama proses instalasi, silahkan beri komentar di bawah agar mimin dapat memberikan solusi kepada kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *