Panduan Untuk Memperbaharui Version aaPanel

Posted on

Apasih.my.id – Halo Guys? mimin apasih hadir lagi nih, sekarang kita lanjutkan artikel seputar aaPanel lagi ya. Nah, pada kesempatan kali ini mimin mau kasih sedikit tutorial dan panduan untuk memperbaharui version aaPanel ke yang baru nih.

Kenapa sih harus memperbaharui version aaPanel?

Ini penting guys! soalnya apabila kamu tidak melakukan pembaharuan pada panel tentunya banyak hal-hal yang kita tidak inginkan terjadi. Selain itu tentunya dengan kita melakukan pembaharuan ke version terbaru tentunya sistem keamanan pada aaPanel pun akan ditingkatkan.

Saat ini Versi stabil dari aaPanel adalah Current version: aaPanel LinuxStable 6.8.7  Release time: 2021/01/16. Itu merupakan update terbaru dan stabil untuk kamu gunakan.

Jadi buat kamu yang menggunakan versi lama, mimin apasih akan memberikan panduan sederhana agar kamu dapat memperbaharui version aaPanel terbaru, tentunya tanpa harus kehilangan semua data dan konfigurasi sebelumnya donk. Yuk langsung saja sama panduannya berikut:

Panduan Untuk Memperbaharui Version aaPanel

Untuk dapat memperbaharui version aaPanel, alangkah baiknya kamu melakukan backup terlebih dahulu pada database dan file-file website kamu. Simpan dengan aman baik itu dicloud ataupun pada desktop.

Pertama, Login aaPanel

Kamu dapat mengakses server ip: 8888 (port atau informasi default apabila belum diganti), selanjutnya kamu login dengan user dan password yang telah kamu buat.

Kedua, Cek Perbarui Version aaPanel

Selanjutnya pada gambar di bawah ini kamu akan melihat versi aaPanel yang kamu gunakan saat ini dengan notifikasi update di sebelahnya. Nah, untuk itu silahkan klik update untuk mengupdate version aaPanel yang terbaru.

Setelah itu tampilan baru akan muncul dengan notifikasi update atau catatan perbaikan di versi baru. Klik update sekarang untuk melanjutkan.

Sistem akan melakukan update secara otomatis dalam beberapa menit. Ingat! jangan terlebih dahulu menutup nomor saat kamu sedang melakukan updatei.

Ketiga, Restart ulang aaPanel

Agar dapat memberikan hasil maksimal setelah update version aaPanel, selanjutnya kamu klik Restart yang berada di sudut kanan atas seperti yang mimin tunjukkan pada gambar di bawah ini.

Sekarang sebuah kotak notifikasi akan muncul untuk menanyakan kepada kamu apakah kamu akan melakukan Restart server atau Panel. Lalu kamu bisa memilih untuk melakukan Restart panel.

Di dalam aaPanel, segala sesuatunya tampak lebih sederhana dibandingkan dengan panel control lainnya. Panel lain seperti CyberPanel saat kamu melakukan update akan membutuhkan ssh ke server untuk menjalankan perintah.

Untuk melihat lebih banyak artikel terkait tentang aaPanel, silahkan kamu bisa membaca ke link di bawah ini.

Terima kasih telah membaca artikel ini dan mimin berharap kamu dapat melakukan update Version aaPanel terbaru tanpa adanya kesalahan yang ditimbulkan oleh sistem.

Apabila kamu mengalami masalah tersebut kamu bisa memperbaiki aaPanel Control dengan melakukan login menggunakan terminal seperti artikel dibawah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *